Academic Orientation pada dasarnya merupakan “Tutorial” kita dalam menjalani kehidupan perkuliahan kita di BINUS. Di AO ini kelas kami mempelajari banyak pelajaran yang menjadi dasar untuk Coding yaitu Algoritma.

Hari pertama diawali dengan kelas besar di Auditorium. Karena dilakukan kelas besar, banyak yang masih merasa mengantuk di pagi hari, sehingga sesi diselingi beberapa permainan salah satunya adalah Tower Of Hanoi. Permainan ini menggunakan prinsip algoritma sehingga selain menyenangkan kita juga dapat belajar dengan baik. Setelah itu kami masuk kedalam kelas kecil untuk melanjutkan pelajaran algoritma lebih dalam lagi. Pelajaran ini berlangsung selama beberapa hari. Banyak yang saya pelajari dalam sesi-sesi ini seperti, pseudocode, flowchart diagram, basic computer operation, dsb.  Selain sesi belajar algoritma, kami mendapatkan sesi Academy Advisory, yaitu dosen yang dapat kita hubungi untuk masalah-masalah selama kita berkuliah dan kita dapat berkonsultasi dengan dosen tersebut. Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, lalu mendapatkan 1 dosen sebagai Advisor nya. Pada saat sesi tersebut, dosen Advisor kelompok kami berhalangan untuk hadir, sehingga kami diperbolehkan untuk keluar kelas dan menunggu sampa shift berikutnya. Selain Academy Advisory, ada juga Support Center For Success yang membahas fasilitas apa saja yang BINUS miliki untuk menunjang perkuliahan mahasiswa di BINUS.

AO berlangsung selama 1 minggu dan pada hari terakhir, kami melakukan ujian di lab. komputer ruang 630. Kami diberikan waktu 100 menit untuk menyelesaikan 4 soal yang sudah diberikan dengan cara Coding. Beberapa dari kami masih tidak mengerti apa itu Coding dan hanya bisa berserah kepada Tuhan. Selesai ujian, kami diperbolehkan untuk pulang pada pukul 17.00 WIB.

Sekian pengalaman AO  dari saya. Menurut saya AO sangat penting untuk saya supaya tidak ‘kaget’ saat berubah dari SMA ke Perguruan Tinggi. AO mempersiapkan saya untuk mengikuti perkuliahan dengan baik.

Leave a Reply